Mengenal Hidrosefalus dan Klasifikasinya

Mengenal Hidrosefalus dan Klasifikasinya,- Hidrosefalus adalah penyakit yang menyerang pada otak dan terjadi akibat adanya penumpukan abnormal atau gangguan cairan cerebrospinal (CSF) dalam otak. Cairan ini sering di bawah tekanan sehingga dapat menekan dan merusak otak.

Mengenal Hidrosefalus dan Klasifikasinya

Hidrosefalus dapat terjadi sebelum lahir atau setiap saat sesudahnya. Ini mungkin termasuk cacat lahir atau disebabkan oleh perdarahan ke dalam otak, infeksi, meningitis, tumor, atau cedera kepala. Sebagian besar bentuk hidrosefalus adalah hasil dari aliran CSF (cairan yang menggenangi otak dan akord tulang belakang) yang terhalang dalam sistem ventrikal. Gangguan ini akan menyebabkan cairan tersebut bertambah semakin banyak dan kemudian akan menekan jaringan otak sekitarnya, terutama pada pusat-pusat saraf yang vital. Kelainan-kelainan ini akan menyebabkan kepala menjadi besar serta pelebaran sutura-sutura dan ubun-ubun. Berdasarkan letak obstruksi CSF, Hidrosefalus pada bayi dan anak-anak terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Hidrosefalus Komunikan
    Apabila yang obstruksinya terdapat pada rongga subaracnoid, sehinggaย  terdapat aliran bebas CSS dalam sistem ventrikel sampai ke tempat sumbatan. Hidrosefalus Komunikan ini biasanya terjadi pada orang dewasa yang disebabkan oleh dipenuhinya Villus Arachnoid (tonjolan kecil dari lapisan tipis kedua yang menutupi otak melalui lapisan luar tebal) dengan darah sesudah terjadinya tanda-tanda atau gejala-gejala peningkatan ICP yang jika peningkatan itu menetap akan mengakibatkan rusaknya kehidupan jaringan otak.
  2. Hidrosefalus Non-komunikan
    Apabila obstruksinya terdapat didalam sistem ventrikel sehingga menghambat aliran bebas dari CSS. Biasanya gangguan yang terjadi pada hidrosefalus kongenital adalah pada sistem ventrikel sehingga terjadi bentuk hidrosefalus non komunikan.

Penyebab Umum Hidosefalus

Perdarahan intraventrikular – Sebuah perdarahan intraventrikular, yang paling sering mempengaruhi bayi baru lahir prematur, dapat menyebabkan bentuk diperoleh hidrosefalus. Ketika pembuluh darah kecil di samping pecah ventrikel lapisan, darah dapat menghalangi atau bekas luka ventrikel atau plug vili arachnoid, yang memungkinkan CSF untuk diserap. Ketika CSF tidak dapat diserap, hasil hidrosefalus.

Meningitis – Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Disebabkan oleh infeksi virus bakteri atau (lebih jarang), meningitis dapat melukai selaput halus yang disebut meninges yang melapisi jalur CSF. Bentuk diperoleh dari hydrocephalus dapat berkembang jika jaringan parut ini menghalangi aliran CSF saat melewati ventrikel sempit atau di atas permukaan otak dalam ruang subarachnoid.

Baca Juga >> Cara Mengobati Hidrosefalus

Cedera Kepala – Cedera kepala dapat merusak jaringan, saraf, atau pembuluh darah otak. Darah dari pembuluh yang pecah dapat masuk ke jalur CSF, menyebabkan peradangan. Situs penyerapan CSF mungkin kemudian diblokir oleh bekas luka membran – meninges – atau oleh sel darah. Aliran CSF dibatasi, dan hidrosefalus berkembang.

Tumor Otak – Pada anak-anak, tumor otak yang paling umum terjadi di belakang otak yang disebut sebagai fossa posterior. Sebagai tumor tumbuh, mungkin mengisi atau kompres ventrikel keempat, menghalangi aliran CSF dan menyebabkan hidrosefalus. Sebuah tumor di tempat lain di otak mungkin juga memblokir atau kompres sistem ventrikel.

ย Terima kasih Telah Berkunjung. Semoga Informasi Mengenai Penyakit Hidrosefalus di Atas Bisa Bermanfaat ๐Ÿ™‚
Jika Anda Menyukai Informasi Kesehatan serta Produk-produk Kami, Silahkan Bergabung dengan Situs Resmi Kami lainnya di Twitter, Facebook dan Google+.

by: caramengobatihidrosefalusblog.wordpress.com

Mengenal Hidrosefalus dan Klasifikasinya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s